Kamis, 27 Oktober 2011

Apa sih (pentingnya) Pemuda?

Beri aku sepuluh pemuda, maka akan kuguncangkan dunia
    
     Seperti seruan Presiden RI pertama ,Soekarno, pemuda bisa mengguncang dunia. Mengapa? Karena pemuda mempunyai banyak mimpi. Tidak hanya itu, pemuda juga mempunyai keinginan dan semangat yang tinggi untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Kerjasama, kesolidan, kemauan, percaya diri, kreativitas, semangat, usaha, dan rela berkorban akan berdampak positif pada perwujudan mimpi-mimpi generasi muda.
     Sebetulnya, wadah yang benar dan positif untuk pengembangan bakat dan kreativitas sudah banyak terdapat di Indonesia, khususnya kota-kota besar. Tetapi, masih banyak pemuda yang kurang berminat ikut berperan dalam wadah itu. Contoh kecilnya saja, bakat dalam corat-coret (mantek, graffiti) dan bela diri, malah disalurkan ke hal yang negatif seperti mencoret-coret tembok jalanan atau rumah orang dan ikut tawuran antarpelajar. Baru-baru ini kerap terjadi tawuran antarpelajar, seperti di Cirebon. Mungkin mereka berpikir bahwa kemampuan yang mereka miliki itu kemampuan sepele dan sifatnya hanya untuk kesenangan dan 'hobi' saja, tetapi sebetulnya kemampuan sepele itu bisa membuat perubahan yang berarti dalam diri generasi muda dan untuk bangsanya bila disalurkan ke wadah yang benar dan positif.
     Bila kita bercermin pada masalah yang ada di Indonesia saat ini, yaitu minimnya moral bangsa yang disebabkan koruptor dan penjahat bangsa lainnya, mereka adalah orang-orang yang bisa dibilang intelektual, tetapi kurang bermoral. Padahal yang terpenting bukan pencapaian dalam kemampuan yang dia miliki, tetapi sikap dan moral seperti yang telah disebutkan di atas, yang akan dia dapatkan bila dapat mengembangkan kemampuannya dalam wadah yang benar dan positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar