Sabtu, 05 November 2011

Mana Perilaku Syariahmu?

     Udah tiga dosen yang berpesan bahwa mahasiswa Ekonomi Syariah harus berperilaku syariah juga, kami harus berbeda. Untuk mengubah suatu kebiasaan mau itu buruk atau baik, sama susahnya. Butuh niat dan kesadaran dari masing-masing individu.
     "Kalian udah dewasa, seharusnya sudah tahu bagaimana seharusnya berperilaku," ujar salah satu dosen. Dewasa? Mungkin banyak yang belum tahu dirinya itu udah dewasa atau belum, kapan harus jadi dewasa. Timbul banyak pertanyaan. Dewasa itu proses atau pilihan? Aku bukan ngomongin dewasa dari segi fisik, tapi dari segi sikap dan pemikiran. Kalau yang aku rasain, dewasa itu proses dengan pilihan. Dari kecil sampai sekarang, udah banyak proses hidup yang dilalui, dari tiap proses pasti ada pilihan, ya pilihannya antara bersikap kayak anak kecil yang biasanya lebih ke nerima aja atau bersikap dewasa. Sekali lagi, ini nggak ada hubungannya sama umur atau fisik.
     Waktu kelasku berisik, ada dosen yang tegas banget, tapi ada juga yang terlalu baik. Malu juga kalau dosen sampai nanya di mana perilaku syariah mahasiswanya. Aku juga cuma bisa bergumam. Mau gimana lagi, masing-masing orang udah punya kebiasaan masing-masing, walaupun masing-masing orang juga butuh dihormati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar