Minggu, 03 Juni 2012

Buat si Kiting yang Kaku

Adek baru aja pengumuman lulus UAN SMP. Nilainya kalo menurut aku pribadi, udah bagus karena jujur aja aku agak pesimis sama nilainya. hehehe. maaf ya dek.
Nilai emang selalu jadi parameter kelulusan entah dari kapan. Bukan cuma sekolah yang mendewa-dewakan nilai kelulusan, bahkan keluargaku juga. Wajar sebetulnya karena nilai itu yang nentuin bakal masuk ke sekolah mana, dll. Tapi sadar atau pura-pura nggak sadar, nilai itu nggak akan berubah, sampe kapan juga cuma angka. Buat nilai, jujur aja sampe digadaiin.
Mungkin adek emang nggak tau dan semoga nggak tau, seolah ada tuntutan untuk memberi yang terbaik versi beberapa orang. Dan tuntutan itu mutlak buat adek.
Apa pertimbangan itu juga udah mempertimbangkan yang bocor di luar sana? Kebocoran itu ditambel sama sesuatu yang bagus
Udah mempertimbangkan gimana susahnya memperjuangkan kejujuran dan harus bersaing dengan kebohongan massal?
Tapi coba bayangin,
Gimana rasanya ada kepuasan & kelegaan ketika kita dapetin nilai dengan jerih payah kita sendiri?
Gimana rasanya ketika kita bener-bener merasa 'ini loh tempat gue' tanpa harus ngerasa tertekan sama tuntutan nilai di sekolah baru itu?

Karena tekanan itu bakal ada kalo kompetensi kita 'seharusnya' bukan untuk di sekolah itu.

intermezo...
Satu doa paling berkesan (datengnya dari dia-yang-kaku, baca:adek) buat si kepala dua ini,
..... jadi kakak yg paling baik buat aku. amiin :)

Aku nggak tau udah ngasih apa selama ini buat memenuhi kriteria itu. Aku cuma pemain di belakang layar.
Aku juga punya harapan, dia-yang-kaku itu bisa ngomong 'ini loh tempat gue'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar